4 Siswa MA Mafda Belajar Film di Viu Short!

Setidaknya 25 pelajar dari beberapa sekolah di Kabupaten Cilacap dan Kebumen mengikuti kegiatan workhshop pembuatan film pelajar Viu Shorts! yg di selenggarakan di halaman Rumah Belajar Sangkanparan, Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi Cilacap. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 21 – 31 oktober 2019. Dalam waktu yg cukup lama ini mereka mendapatkan bekal pengetahuan dan mentor yg dihadirkan dari Viu Indonesia mulai dari penggalian ide, penulisan skenario, pengenalan kamera, manajemen produksi sampai proses editing.

Dalam kegiatan tersebut, MA Mafda Cipari diberi kehormatan mengirimkan 4 siswa yaitu Uswatun Khasanah, Banatun Najah, M. Agil Santoso dan Almaarif halla. Mereka di tempatkan dalam beberapa posisi di pembuatan fil. Ada yg menjadi penulis skenario, asisten kameramen, lighting dan koordinator talent. Menurut Uswatun Khasanah siswi kls X.B MA Mafda yang kebetulan dalam program viu shorts menjadi penulis scenario, “Menjadi penulis skenario itu ternyata bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan kreatifitas dan kejelian yang luar biasa. Hampir setiap malam saya lembur sampai jam 2 pagi demi tanggung jawan yang dipercayakan kepada saya.”

Film yang diproduksi bersama bercerita tentang seorang ayah yang mengalami gangguan mental karena ditinggal mati anaknya. Sang Ayah adalah pengamen Buncis atau lengger dempet. Setelah rangkaian persiapan selesai, Selasa sampai Kamis, 29-31 Oktober ini mereka melakukan shooting di beberapa lokasi, mulai dari Desa TRitih sampai Teluk Penyu Cilacap.

“Untuk menjadi seorang filmaker, belajar 11 hari belumlah cukup. Saya berharap sepulang mereka dari Viu Short, mereka akan melanjutkan belajarnya sambil berkarya bersama teman-teman di MA Mafda, dengan bekal yang mereka bawa.” Kata Alfiyan, Pembina OSIM MA Mafda yang ikut mengantarkan mereka ke lokasi.

(Asri Novita Sari)

Satu tanggapan untuk “4 Siswa MA Mafda Belajar Film di Viu Short!

Tinggalkan Balasan