Sumpah Pemuda Sekaligus Serah Terima Jabatan Dewan Ambalan

Senin, 28 Oktober 2019 dilaksanakan upacara serah terima jabatan Dewan Ambalan (DA) KH Abdurrahman Wahid & Nyi Ageng Serang periode 2018/ 2019 ke periode 2019/ 2020 di halaman sekolah. Tahun ini gugus depan MA Mafatihul Huda melantik 20 DA. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 16 DA. Upacara ini sengaja dibarengkan dengan peringatan hari sumpah pemuda. Tujuannya adalah agar kita mengingat dan meniru semangat para pemuda yang berjuang di masa lalu.

Yang terpilih sebagai Pradana Putera yaitu Ahmad Nasrul Hamam dan Pradani Yuni Karomah. Para DA yang terlantik adalah siswa-siswi yang terpilih setelah mereka dilantik menjadi Penegak Laksana beberapa minggu yang lalu. Dari 57 peserta Pelantikan Laksana hanya 20 saja yang dilantik menjadi DA. Tugas DA adalah pelaksana kegiatan kepramukaan setahun mendatang.

Upacara berlangsung khidmat. DA terpilih membaca ikrar dengan dibimbing oleh Pembina Upacara. Dilanjutkan dengan penyerahan panji-panji pramuka dan penandatanganan berita acara, disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

“Saya berharap DA lebih berperan aktif dan bisa lebih memajukan ambalan tahun depan.” Kata Kak Arif Hidayatussufyan yang pada kesempatan tersebut menjadi Pembina upacara.

DA tahun lalu memang banyak mendapatkan prestasi dan pencapaian diantaranya adalah menjadi juara II lomba gerak jalan tingkat Kecamatan Cipari, mengikuti Pertihusada tingkat provinsi, memprakarsai berdirinya Saka Bhakti Husada Kecamatan Cipari, dan beberapa kegiatan kemasyarakatan. DA tahun lalu juga sukses melaksanakan kegiatan survival di Munggang Jati Forest pada bulan April lalu. “Saya berharap DA baru lebih baik dan lebih eksis di masyarakat.” Ucap Kak Alwi yang menjadi ketua Pradana tahun lalu.

(Yuni Warti dan Zulfa)

Satu tanggapan untuk “Sumpah Pemuda Sekaligus Serah Terima Jabatan Dewan Ambalan

  1. Selamat bertugas adik-adik semoga semakin jaya. Kuatkan komitmen kalian dan jangan lupa untuk mengingat komitmen tersebut, karena dari sebuah komitmen akan menumbuhkan semangat untuk berproses dan bertugas.

    Kalau boleh saran untuk tahun depan anggota Dewan Ambalan berjumlah ganjil. Sesuai dengan ketetapan kwarnas

Tinggalkan Balasan